Nice home work #4

đź“šNICE HOME WORK #4

🍀MENDIDIK DENGAN KEKUATAN FIITRAH 🍀

Bunda dan calon bunda peserta matrikulasi IIP, masih semangat belajar?

Kali ini kita akan masuk tahap #4 dari proses belajar kita. Setelah bunda berdiskusi seru seputar mendidik anak dengan kekuatan fitrah , maka sekarang kita akan mulai mempraktekkan ilmu tersebut satu persatu.

a. Mari kita lihat kembali Nice Homework #1 , apakah sampai hari ini anda tetap memilih jurusan ilmu tersebut di Universitas Kehidupan ini? Atau setelah merenung beberapa minggu ini, anda ingin mengubah jurusan ilmu yang akan dikuasai?

Sampai saat ini saya tetap memilih untuk menjalani ilmu yang sudah saya tuliskan saat di nice home work #1. Karena saya merasa bahwa dengan ilmu menulis saya bisa menjadi diri saya sendiri, menyalurkan sebuah hobi dan berharap suatu saat menjadi sebuah profesi.

b.  Mari kita lihat Nice Homework #2,  sudahkah kita belajar konsisten untuk mengisi checklist harian kita? Checklist ini sebagai sarana kita untuk senantiasa terpicu “memantaskan diri” setiap saat. Latih dengan keras diri anda, agar lingkungan sekitar menjadi lunak terhadap diri kita.

Dari semua checklist yang saya buat di nhw#2, alhamdulillah hampir semuanya saya lakukan sesuai dengan harapan. Meskipun masih ada satu atau dua yang tidak sesuai. Namun saya berharap untuk ke depannya bisa  mengisi seluruh ceklist dengan lebih baik lagi.

b.Baca dan renungkan kembali  Nice Homework #3, apakah sudah terbayang apa kira-kira maksud Allah menciptakan kita di muka bumi ini? Kalau sudah, maka tetapkan bidang yang  akan kita kuasai, sehingga peran hidup anda akan makin terlihat.
Saya merasa maksud Allah menciptakan saya di dunia ini untuk terus mendampingi pasangan hidup saya agar tidak merasa sendiri. Dan saya ingin sekali menguasai ilmu tentang "rumah tangga" membangun serta mempertahankan sebuah keluarga kecil yang bahagia dan berharap saya bisa menjadi seorang konsultan pernikahan.
Dan inilah garis besar peranan hidup saya di dunia.
Misi Hidup : memberikan kebahagiaan unytuk orang lain
Bidang : ilmu rumah tangga
Peran : konsultan pernikahan

c. Setelah menemukan 3 hal tersebut,  susunlah ilmu-ilmu apa saja yang diperlukan untuk menjalankan misi hidup tersebut.

Untuk bisa menjadi seseorang yang ahli dalam ilmu rumah tangga, ilmu yang harus saya pelajari di antaranya.

1. Ilmu kesabaran dan kejujuran karena diharapkan dapat menjadi  Ilmu untuk seputar menjaga keharmonisan rumah tangga
2. Ilmu-ilmu seputar manajemen waktu dalam mengelola urusan rumah tangga dan perintilannya.
3. Ilmu tentang produksi ataupun distribusi karena diharapkan bisa jadi tambahan ilmh untuk menjalani usaha sendiri atau berdikari sendiri
4. Ilmu tentang berbagi akan kebermanfaatan dengan orang lain.

d. Tetapkan Milestone untuk memandu setiap perjalanan anda menjalankan Misi Hidup

Sebenarnya untuk melakukan milestone dari kM 0 sungguh telat bagi diri saya. Saat ini usia saya sudah menginjak 27 tahun. Tetapi lebih baik telat daripada tidak sama sekali.
KM 0 – KM 1 ( tahun 1 ) : bisa lulus dari kelas matrikulasi dan mengerjakan nhw tepat waktu
KM 1 – KM 2 (tahun 2 ) : Memasuki kelas bunda sayang dan mengikutinya dengan lebih baik lagi.
KM 2 – KM 3 (tahun 3 ) : Meningkatkan ilmu dan masuk ke dalam kelas bunda cekatan
KM 3 – KM 4 ( tahun 4) : menjalani semua ilmu yang sudah diperoleh dan terus meningkatkan diri lagi dengan memasuki kelas bunda produktif serta bunda shaleha.

e. Koreksi kembali checklist anda di NHW#2, apakah sudah anda masukkan waktu-waktu untuk mempelajari ilmu-ilmu tersebut di atas. Kalau belum segera ubah dan cantumkan. Saya akan segera menambahkan semua ilmu tersebut di dalam ceklist saya.

f. Lakukan, lakukan, lakukan, lakukan
Saya akan berusaha untuk melakukan semua hal yang saya tuliskan demi menggapai semua yang saya inginkan dan harapkan.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pusing kepala karena rumah

Breathy si tetes hidung yang menjadi solusi

Mengenal ekspresi wajah lewat gambar