Aktivitas membaca bersama balita

Yuhuu...level demi level di kelas bunda sayang mulai terlewati dan saat ini sudah sampai ke level 5. Tahu kan di setiap levelnya akan ada tantangan yang harus dilewati. Kira-kira apakah tantangan untuk kali ini? Ternyata oh ternyata tantangannya luar biasa menyenangkan, yaitu menumbuhkan minat baca anak. Jadi mau tidak mau, anak dan orang tua harus terbiasa untuk berhubungan dengan buku setiap harinya.

Sebagai pribadi yang sangat suka membaca, saya juga berharap bahwa azlan punya hobi yang sama yaitu membaca. Karena dari kegiatan itu, terasa banyak sekali manfaat yang diperoleh, salah satunya menambah ilmu untuk diri sendiri. Tapi bagaimana caranya supaya balita bisa suka membaca? Sedangkan mereka belum bisa membaca.

Kegiatan membaca pada balita pastinya beda sekali dengan orang dewasa. Bagi saya pribadi, untuk bisa membuat si kecil suka membaca harus diperkenalkan terlebih dahulu terhadap buku. Caranya dengan dibacakan buku atau menjadikan buku sebagai media bermain. Saya pun sudah berusaha mengenalkan buku ke azlan, dan terasa sekali manfaatnya. Banyak kosa kata atau hal baru yang azlan peroleh dari sebuah buku. Tapi ya itu, terkadang tantangannya berasal dari diri saya sebagai orang tua yang belum konsisten membacakan buku setiap harinya.

Mudah-mudahan dengan adanya tantangan di level 5 kali ini, saya bisa lebih baik lagi dalam mengajak azlan agar bisa menyukai buku. Sebab buku adalah sumber dari segala ilmu. Di bawah ini adalah pohon literasi azlan, 





jumlah daun yang tumbuh menandakan berapa banyak buku yang dibaca dalam satu hari. Terlihat bahwa hari ini baru 3 daun yang tumbuh. Jadi baru ada 3 buku yang dibaca azlan pada hari ini. Satu buku dibaca pada siang hari yaitu buku pasukan abrahah dan dua buku di malam hari yaitu buku cilukba dan dunia anak.

Buku Pasukan Abrahah

Buku Cilukba

Buku dunia anak hal 2

Buku dunia anak hal 3


#GameLevel5
#Tantangan10Hari
#KuliahBunsayIIP
#ForThingsToChangeIMustChangeFirst
#bundasayang
#ibuprofesional
#forthingstochange,Imustchangefirst


Komentar

  1. Semangat membaca Azlan, aunty nia jadi pengen baca juga itu bukunya ;-)

    BalasHapus
  2. Waahh... Azlan hebat.. sehari aja bisa melahap 3 buku..
    Emaknya juga gak kalah hebat.. 👍 💞

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pusing kepala karena rumah

Breathy si tetes hidung yang menjadi solusi

Mengenal ekspresi wajah lewat gambar