Sudah jadi ibu? Berubah yuk

Perubahan posisi dari seorang single menjadi mother membuat banyak perubahan dalam diri saya. Serius lah ini..gak bohong saya. Saat ini saya banyak bersyukur akan hal-hal yang sederhana, yang mungkin dulu bisa dilakukan tanpa ada rasa apa-apa. Alias biasa aja tuh.😁

Hal simpel yang dulu bisa dilakuin tanpa rasa gimana-gimana itu di antaranya makan, yakin lah waktu single mah mau makan apa, kapan, dan dimana juga gak masalah. Lah sekarang? Baru mau mulai makan loh kok si kecil minta ke belakang. Rasa makanan yang sudah terbayang-bayang akhirnya terbang tak terhalang.

Terus gimana? Gak jadi makan? Ya tetep makan lah. Kan laper. Cuma ya itu..makan hanya untuk mengisi perut bukan lagi untuk dinikmati atau mencoba mencerna sari bumbu yang presisi. Pokoknya mah asal habek lah sekarang. Ditambah lagi, durasi makan yang dulu tak terbatas, sekarang ini ada limitnya. Karena saya gak akan tahu apa yang terjadi nanti. Jadi sebaik-baiknya makan itu ya semakin cepat dihabiskan. 😂😂

Masih banyak hal lain lagi yang bikin saya berubah juga. Dahulu kala, klo sudah tidur itu bisa pules sepules pulesnya, pokoknya mah ada bunyi sekenceng apa juga gak denger. Pas ngecek sih pendengaran masih ok, mungkin ya itu kali karena tidurnya tanpa gangguan jadinya yo bablas aja. Klo sekarang gimana?

Ya berubah lah..semenjak tidur sama anak. Dari anak saya bayi sampai balita bisa dibilang telinga jadi sensitif luar biasa. Denger suara anak ngerengek kecil aja bisa langsung kebangun, apalagi klo kondisi anak lagi gak sehat. Dijamin lah tidurnya cuma tidur ayam aja, alias kriyep-kriyep sering kebangun. Cuma bersyukur aja sih sayanya, karena ini jadi perubahan yang ke arah lebih baik. Walau sedikit lah, gak banyak banget gtu 😂😂. Yang penting kan berubah, ya gak? Iya aja lah ya..biar cepet.

Nah..ada lagi deh kegiatan yang berubah dalam hidup saya. Gak ada lagi tuh acara mandi sambil ngelamun-ngelamun manja atau luluran sambil berkhayal klo suatu saat warna kulit bisa berubah hasil efek samping luluran yang luar biasa. Hmm..berubah warna kulit? Ini manusia apa bunglon?bebas lah bebas..berkhayal kan boleh ya. 😅

Yang ada sekarang ini klo mandi berasa kayak orang lagi dikejar-kejar hutang. Iya selalu deg-degan aja gtu, takut tiba-tiba ada suara anak yang nangis gara-gara mainannya hilang satu, atau tiba-tiba ada anak kecil yang main ngegedor pintu dan maksa ingin masuk ke kamar mandi atau bahkan gak jarang mandi ditemani sama si kecil. Iya ini posisi kepaksa banget, di saat kondisi badan penuh sabun tapi anaknya merengek gak karuan. Gak ada lagi lah adegan mandi seindah iklan sabun mandi, yang ada sesuai sama iklan sabun cuci. Kucek-kucek terus selesai. Ekspress..yang penting hilang nodanya.

Dan perubahan ajaib lainnya yang saya alami masih banyak. Yang kadang klo saya lagi mikir sendirian suka ngerasa, "kok bisa ya saya berubah jadi begini?" Kayaknya dulu gak pernah ada kepikiran tentang hal-hal kecil atau sepele lainnya tentang anak. Tapi itulah..saat saya sudah berada di posisi sebagai seorang ibu, mau tidak mau saya pun dituntut untuk bisa menerima dan memahami semua kondisi perubahan yang ada.

Sepertinya sih banyak wanita lain yang juga merasakan perubahan dalam dirinya saat sudah menjadi ibu bukan saya sendiri. Yang dalam arti, saya itu gak sendiri, banyak juga kawan-kawan di sana yang mengalaminya. Bahkan di antara mereka, banyak yang mengalami perubahan yang lebih luar biasa dari pada saya.

Lantas saat semua kondisi berubah, apakah ada suatu kesedihan saat mengingatnya? Alhamdulillah..sampai saat ini saya merasa bahagia dengan kondisi perubahan ini.

Meskipun saat saya sudah punya anak tak ada lagi yang namanya

-makan dengan bebas
-mandi sesuka hati
-pergi tanpa takut ditangisi
-Dan tidur tanpa diberisiki

Karena apa? Karena menjadi seorang ibu, yang meskipun prosesnya tidak mudah serta tak jarang mengeluarkan air mata namun itu adalah anugerah terindah dari diriNya. Dan hampir setiap wanita sangat menginginkannya.

Komentar

  1. Ibu itu sebuah status sekaligus profesi yang wah. wah dalam artian luar biasa kerennya. karena begitu banyak hal yang bisa dilakukannya tanpa diduga-duga. ibu wanita terhebat sepanjang masa. salam kenal mbak.

    BalasHapus
  2. Benar sekali bunda, ibu itu memang sosok luar biasa yang banyak kejutannya. Terkadang di balik kelembutannya tersimpan kekuatan yang tidak terkira. Salam kenal kembali dari saya bunda. 😊

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pusing kepala karena rumah

Breathy si tetes hidung yang menjadi solusi

Mengenal ekspresi wajah lewat gambar