Balada emak bakulan online

Bagaikan pepatah sekali mendayung dua tiga pulau terlampaui, banyak sekali sepertinya para mama-mama yang menganut prinsip tersebut. Salah satunya, sambil main sosial media bisa sambil jualan juga. Artinya tidak sekedar menulis status yang gundah gulana, malah terkadang timeline sosial media isinya foto barang dagangan semua.

Sah-sah aja kan ya, sosial media mau buat apa. Diri pribadi saya pun tidak pernah mempersoalkan masalah timeline sosial media yang berubah laksana pasar di dunia maya, tapi tetap saja ada adab dan etikanya. Sebagai salah satu emak-emak yang bakulan online, ada beberapa hal yang selalu saya jaga ketika berjualan, diantaranya :

1. Tidak sembarangan mentag orang saat saya memasang foto barang dagangan, karena belum tentu yang ditag suka. Bagaimana jika mereka menganggap bahwa hal tersebut mengganggu pemandangan di timeline mereka. Jika memang mau mentag harus minta ijin dulu ke si pemilik akun, dan baru melakukan jika sudah diijinkan.

2. Tidak membuka lapak di tempat dagangan orang lain. Terlebih lagi jika barang dagangannya sama. Karena sama aja, seperti main merebut calon pembeli orang lain dan hal itu tidak sopan sepertinya.

3. Meskipun pekerjaan utama bakulan, tetapi setidaknya sosial media masih diisi dengan status yang bermanfaat juga walau hanya sedikit. Setidaknya biar para teman di sosial media tidak pusing hanya melihat barang dagangan saja.

4. Tidak berkomentar yang kurang menyenangkan saat mendapatkan pelanggan dengan tipikal banyak nanya belinya nanti aja. Ya iyalah, cukup senyumi saja calon pembeli seperti itu, siapa tahu nanti ada rejeki dari tempat lainnya.

Kira-kira apalagi ya? Cukup ya segitu aja cerita dari saya. Nanti saat ada tambahan lagi pasti akan diinfokan tambahannya. 😊😊

Komentar

  1. Asyik. Ibu super nih, saya malah lupa, kalo harus jualan juga :D

    BalasHapus
  2. Nice sharing mbaaak 😍 Setuju sm poin2 dari mbak Selvi 😆

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah ada yang setuju..serasa punya teman jadinya.

      Hapus
  3. Balasan
    1. Ilmu bunda mah jauh lebih keren daripada saya. 😄😄

      Hapus
  4. Jangan ngeremehin emak2.. sekalinya mereka gelar lapak kempes dompetmu.. 😁

    BalasHapus
  5. Balasan
    1. Percayakan klo power emak-emak itu 11 12 sama power ranger?

      Hapus
  6. Balasan
    1. Terima kasih bu guru...peluk jauh dari aku..🤗

      Hapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pusing kepala karena rumah

Breathy si tetes hidung yang menjadi solusi

Bolu tape yang tidak sedap dipandang tapi enak dimakan