Drama perkutut di pagi hari

Pohon tomat adanya di pinggir kali
Buahnya jatuh dibawa pergi
Wahai somat anak emak yang ganteng sekali
Buruan sholat subuh biar cepet naik gaji

Pagi-pagi mpok Mpok Lela sudah berpantun ria demi membangunkan anak laki satu-satunya yang dia miliki. Salah satu warisan dari suami tercinta yang sangat ia kasihi namun telah pergi lebih dulu meninggalkannya. Dengan penuh rasa sayang dan cinta, disematkanlah nama Somat Perkasa bin Abdul Gagah. Orang tua somat memang sangat berharap agar kelak anaknya menjadi sosok perkasa, jadi mirip dengan bapaknya yaitu Pak Gagah. Namun sepertinya harapan tinggalah harapan, jangankan untuk menjadi perkasa, bangun sholat subuh saja masih susah.

Somat yang mendengar suara emaknya berpantun tanpa irama langsung membuka mata.

"Iya mak, sebentar lagi somat bangun." Jawab Somat sambil tetap tiduran di atas kasur.
"Emang dah anak emak yang satu ini, klo disuruh jawabannya entar mulu. Buruan bangun atau emak siram pakai air seember nih." Ancam Mpok Lela tanpa ragu

Tanpa tunggu lama, somat langsung beranjak dari tempat tidur. Ia sangat takut, karena terkadang apa yang sudah keluar dari mulut emaknya akan menjadi fakta di dalam kehidupannya. Bayangkan, jangankan menyiram air seember ke badan somat, menabur garam di mulut somat pun pernah emaknya lakukan saat somat susah disuruh bangun. Makanya, terkadang somat suka mikir, sebenarnya dia ini anak kandung atau anak tetangga sih? Karena terkadang emaknya sungguh terlalu kepadanya. Jadi somat langsung ambil strategi, daripada dia mandi di kasur, lebih baik lari ke kamar mandi. 

Saat anaknya ke kamar mandi, Mpok Lela kembali ke dapur untuk melanjutkan rutinitasnya, yaitu memasak sarapan pagi untuk si somat dan menyiapkan makanan untuk dijual.
Ayahnya somat meninggal ketika somat masih SMP, sehingga demi menyambung hidup, Mpok Lela berjualan nasi uduk di halaman rumahnya yang terletak di perkampungan namun strategis.  Jualannya pun selalu laris manis. Sebenarnya banyak laki-laki yang tertarik sama Mpok Lela, karena dulu beliau bekas kembang desa di daerahnya, tapi tidak ada satupun laki-laki yang dapat menarik hatinya. Hanya Pak Gagah lah yang menjadi tambatan hatinya sampai saat ini. Biasanya saat memasak, Mpok Lela suka sambil menyanyi untuk menghibur diri. Namun tiba-tiba saja ia merasa terganggu dengan teriakan somat dari kamar mandi.

"Emak... burung somat kenapa ini? Kok mengkerut begini?" Tanya somat dengan nada panik
"Lah, emak kagak tahu. Emang biasanya gimana bentuknya? Lagian lu kagak sopan banget ya nanya begitu ama emak." Jawab Mpok Lela sambil memasak
"Mak, somat kagak becanda ini. Buruan sini kenapa, ke kamar mandi."

Mpok Lela pun mematikan kompornya, sambil ngedumel dia berjalan ke kamar mandi.

"Nih mak, kenapa burung somat jadi begini?" Tanya somat sambil menyodorkan kandang yang berisi burung perkutut di dalamnya.
"Mat..Somat..emak kirain ada apaan. Kayak gitu aja diributin"
"Abis gimana somat gak kaget mak? Burung perkutut somat sampe menggigil begitu."

Mpok Lela pun langsung melihat ke arah kandang.

"Lah iya, kenapa dia menggigil ya? Padahal tadi emak mandiin burung lu pakai air anget tahu mat. Masa masih kedinginan juga?"

Somat langsung istighfar

"Astagfirullah emak..jadi ini burung abis emak mandiin?"
"Iya, pakai air anget, emak kasih sampo ama sabun. Abis emak lihat lu jarang banget mandiin burung lu. Kan kasihan dia, kelihatan kotor jadinya."

Somat pun hanya bisa geleng-geleng kepala

"Emak, makasih ya udah perhatian banget sama perkutut Somat, tapi gak subuh-subuh juga kali mak mandiinnya. Emangnya ini burung mau mandi junub?"
"Ye...emak mandiin itu burung pas shubuh biar seger tau. Jangan ampe kayak yang punya kagak ada seger-segernya."
"Tega bener dah ah emak..masa anaknya disamain ama burung?"
" Abis gimana, itu fakta soalnya. Ya udah ah mat, emak mau masak lagi ini. Udah kesiangan soalnya. Lagian lu tenang aja, klo burung lw kenapa-kenapa, entar emak beliin yang baru. Waktu itu lu bilang lima puluh rebuan kan harganya? Entar emak beliin dua dah biar dia bisa kawin terus punya anak." Jawab Mpok Lela dengan santainya

Mendengar kalimat penutup dari emaknya, Somat cuma cengar-cengir aja dan berucap dalam hati.

Semoga perkutut gw gak kenapa-kenapa, karena klo dia mati, berarti ilang duit lima ratus ribu gw.



#onedayonepost
#odopbatch5
#tantangan




Komentar

  1. Hahahahaha, lucu bun, khas betawi banget dah 😍

    BalasHapus
  2. Balasan
    1. Jangan kenceng-kenceng ya ngakaknya. Entar diomelin tetangga.

      Hapus
  3. Haaa ... Mama Azlan kereeennn :D
    Sukaaa... ^_^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih mba..tapi ini mah belum ada apa-apanya.

      Hapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pusing kepala karena rumah

Breathy si tetes hidung yang menjadi solusi

Bolu tape yang tidak sedap dipandang tapi enak dimakan