Tumbang bersamaan

Sering terdengar kalimat bahwa jadi ibu itu dilarang sakit, karena saat ibu sakit bisa rusak semua segala tatanan keluarga. Dari mulai keadaan rumah yang tidak terurus, anak yang terpaksa main sendiri, tidak ada makanan yang tersaji sampai sang ibu selalu berdoa bahwa dirinya selalu diberikan rejeki kesehatan yang luar biasa.

Namun, apa yang terjadi jika seorang ibu sampai sakit? Mau tidak mau, ayah yang berperan menjadi pemain pengganti. Berusaha melakukan semua rutinitas yang biasa dilakukan istri walau dengan hasil yang tidak bisa diharapkan terlalu tinggi. Ya, idealnya seperti itu, tapi ini tidak terjadi di keluarga saya saat ini. Ketika saya berada dalam kondisi yang lemah karena virus melanda, saya pun berharap pak suami bisa menggantikan tugas saya untuk sementara.

Tapi itulah, terkadang kenyataan tidak sesuai dengan kenyataan. Sosok yang saya harapkan bisa menggantikan peran di waktu akhir pekan, malah ikut tumbang bersamaan. Akhirnya di kondisi yang tidak prima seperti biasa, saya pun tetap melakukan aktivitas meskipun tidak seberat biasanya. Masalah makanan saya delegasikan ke warung sebelah, karena memang tidak cukup tenaga.

Entah kenapa, dibalik ujian saat ini, ada yang cukup membuat hati saya bahagia. Si kecil yang berusia tiga tahun, sepertinya sangat memahami kondisi orang tuanya. Tidak ada sedikitpun rengekan atau tangisan yang dia keluarkan, tetap tersenyum ceria walaupun terpaksa harus bermain sendirian. Sikapnya yang sederhana seperti ini, jujur membuat saya sangat terharu dan bahagia, dan hanya ucapan kecil yang saya berikan untuknya.

"Azlan, maaf ya mama tidak bisa menemani hari ini. Terima kasih karena sudah mau mengerti kondisi mama papa."

Sepertinya dengan kejadian kali ini, saya jadi mengetahui, bahwa di balik tubuh mungil si buah hati tersimpan rasa sayang yang luar biasa untuk orang tuanya. Namun mereka belum bisa mengungkapkan secara nyata, hanya mampu tersirat dari sikap mereka.

#onedayonepost
#odopbatch5

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pusing kepala karena rumah

Breathy si tetes hidung yang menjadi solusi

Bolu tape yang tidak sedap dipandang tapi enak dimakan